Categories
Uncategorized

PANIK HARGA DAGING SELANGIT

BUTUH 21 hari bagi perusahaan daerah Dharma Jaya untuk mendatangkan daging sapi impor dari Australia. Setelah surat persetujuan impor dikantongi pada 20 Mei, pasokan pertama daging beku impor untuk badan usaha milik pemerintah DKI Jakarta itu tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, pada Jumat pekan lalu.

Dua kontainer berisi 20 ton daging sapi beku datang pada malam hari. Direktur Utama Dharma Jaya, Marina Ratna Dwi Kusumajati, mengatakan tidak terlampau sulit untuk mendapatkan pemasok daging beku dari Negeri Kanguru. ”Saya mencari informasi dari Kedutaan Australia untuk berkomunikasi dengan eksportirnya langsung,” katanya kepada Tempo, Rabu pekan lalu. Kemudahan yang dialami Dharma Jaya tidak bisa dirasakan PT Berdikari. BUMD milik pemerintah DKI dan BUMN ini samasama mengantongi kuota impor.

Berdikari membutuhkan waktu satu bulan untuk mendatangkan daging impor. Itu pun volumenya hanya 40 ton dari total kuota 5.000 ton. ”Kami masih belajar,” kata Direktur Utama Berdikari Suwhono. Impor oleh Berdikari dan Dharma Jaya merupakan penugasan dari pemerintah. Kebijakan impor daging beku ditempuh atas perintah Presiden Joko Widodo, yang menginginkan harga daging sapi di level Rp 80 ribu per kilogram. Saat ini harga daging sapi di pasaran bertengger di angka Rp 113-120 ribu per kilogram.

Keputusan impor itu diambil dalam rapat koordinasi terbatas Kementerian Koordinator Perekonomian pada April lalu. Rapat yang diikuti Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, dan Menteri Perdagangan Thomas Trikasih Lembong itu menyepakati 20 ribu ton kuota impor diberikan kepada dua badan usaha milik negara, PT Berdikari dan PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI).

Sebanyak 10 ribu ton diimpor sebelum bulan puasa dan Lebaran, dan sisanya didatangkan setelah Lebaran. ”Sepuluh ribu ton mestinya masuk sebelum puasa,” kata Darmin. Berdikari dan PPI mulai bergerilya mencari informasi sumber daging beku. Berdikari berhasil mengantongi surat persetujuan impor (SPI) pada 27 April. Sedangkan PPI gagal mendapatkan izin impor. Seorang pejabat pemerintah yang mengetahui proses perizinan ini mengatakan PPI tidak bisa melengkapi persyaratan.

Salah satunya, PPI tidak memiliki nomor kontrol veteriner di Kementerian Pertanian. ”Menteri Pertanian menolaknya,” kata pejabat itu. Menteri Pertanian Amran Sulaiman enggan menjawab permintaan konfirmasi dari Tempo. ”Tanyakan ke BUMN-nya,” katanya saat ditemui dalam acara buka puasa bersama di Komisi Pengawas Persaingan Usaha, Selasa pekan lalu. Adapun Direktur Utama PPI Dayu Padmara Rengganis membantah.

Website : kota-bunga.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *