Categories
Tekno

Menggunakan Threema dan Telegram ala NET89

Menggunakan Threema dan Telegram ala NET89

Threema adalah layanan berbagi pesan yang mengalami peningkatan pengguna hingga 1,5 juta dalam waktu singkat karena pengambilalihan WhatsApp. Proses install yang sederhana menjadi salah satu faktor Threema dapat diterima oleh penggunanya. Mereka yang ingin menggunakan Threema hanya diminta alamat e-mail dan nomor telepon agar dapat ditemukan oleh pengguna lain. Pengguna Threema memerlukan sebuah ID agar bisa bertukar pesan dengan pengguna lainnya. ID bisa di-share melalui barcode. Keseluruhan fungsi Threema sebanding dengan WhatsApp. Selain pesan teks, Threema dapat mengirim data seperti foto, video, dan rincian lokasi. Perbedaan penting antara Threema dan WhatsApp adalah keamanan.

Threema hanya mengirim pesan menggunakan fasilitas end-to-end enkripsi (prosedur ECC, kriptografi kurva eliptik) dan menggunakan password untuk melindungi data lokal. Telegram juga menggunakan aspek keamanan kepada pengguna baru. Selain fungsi chat yang dienkripsi, layanan ini juga menawarkan pesan yang dapat hancur dengan sendirinya. Fungsi lainnya yaitu dukungan untuk video, foto, dan penggunaan grup. Layanan ini bagian dari open-source. Saat ini, Telegram dibiayai oleh Pavel Durov, pendiri VKontakte, Facebook versi Rusia. Meskipun semua feature keamanan dihasilkan dari proyek open-source, aplikasi juga memiliki kekurangan. Fasilitas enkripsi yang digunakan oleh sistem sedikit bermasalah sejak Telegram menggunakan sistem in-house MTproto.

Open source alternatif

Sebuah layanan pesan dengan tingkat kepercayaan tinggi dapat ditemukan pada TextSecure, sebuah proyek open-source yang menggunakan sistem enkripsi OTR (end-to-end). Layanan ini dapat mengacak pesan SMS. Selain itu, layanan ini dapat mencegah pengguna mengambil screenshot dari chat yang dilakukannya. Akibatnya, TextSecure adalah salah satu layanan yang paling aman buat melakukan chat di ponsel. Namun, aplikasi ini tetap memiliki kekurangan.

Chat dan pesan SMS hanya dapat dibedakan berdasarkan warna (hijau untuk SMS, biru untuk chat). Hal ini bisa membuat pengguna keliru dalam mengirim pesan. Layanan lainnya adalah ChatSecure. ChatSecure mendukung Google Hangouts, Facebook Messenger, Jabber, VKontakte, dan banyak lagi. Aplikasi ini juga melindungi file lokal dari akses yang tidak sah. Namun, ChatSecure kurang nyaman digunakan. Proses setup agak merepotkan.

Sumber : net89.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *