Categories
Pendidikan

Mengenal Sistem Pemerintah Jerman Di sini

Sejarah Jerman hari ini tidak bisa dilepaskan dari terbelahnya Jerman menjadi dua. Termasuk sejarah bentuk federal Jerman dan berikut sistem pemerintahan Jerman.

Kini Republik Federal Jerman. Merupakan salah satu Negara maju di Eropa Barat. Ibukota Negara Jerman terletak di Berlin. Sebagai ibukota politik dan bisnis. Bahasa resmi Negara ini adalah Jerman, seperti dikutip dari website pendidikan Avana.

Dengan sistem politik dan pemerintahan menggunakan republic parlementer. Dimana kepala negara dipimpin oleh Presiden sementara kepala pemerintahan dipimpin oleh seorang kanselir. 

Kanselir Jerman memegang jabatan politik yang amat penting di dalam negeri dan di luar Jerman. Di dalam negeri, Kanselir merupakan jabatan pemimpin utama dalam kepala pemerintahan. Kanselir dipilih melalui proses pemilu, dimana pemilu pendahuluan untuk memilih anggota parlemen.

Parlemen Jerman diisi dua kamar, Bundestag sebagai kamar parlemen. Sementara kamar kedua, zweite stimme. Dalam bahasa Eropa, biasa disebut majelis rendah dan majelis tinggi. 

Penduduk Jerman yang berjumlah 82,67 juta jiwa memilih 2 hal dalam pemilu. Pemilu pertama memilih calon melalui daftar nasional yang diajukan partai. Sementara daftar kedua merupakan kandidat bakal calon yang juga akan mengisi parlemen.

Karena komposisi parlemen Jerman yang 598 orang dibagi dua. 299 pertama diisi kandidat yang diajukan melalui partai. Sementara, sisanya diisi kandidat personal sebagai wakil dari 299 daerah pemilihan. 

Parlemen Jerman akan memilih seorang kanselir sebagai kepala pemerintahan. Sistem ini mirip dengan sistem parlementer di Eropa. Dimana seorang perdana menteri dipilih berdasarkan kesepakatan politik di parlemen.

Dimana perdana menteri dipilih dari partai penguasa di parlemen. Atau gabungan dari beberapa partai yang mengajukan seorang calon perdana menteri. 

Kanselir Jerman selain memimpin kepala pemerintahan.

Juga menjadi salah satu pemain penting dalam Uni Eropa. Sebagai pemain penting, Kanselir Jerman merupakan salah satu tokoh terpandang dalam beberapa negosiasi di Uni Eropa.

Hal ini disebabkan karena tingginya ekonomi Jerman, iklim budaya multikulturalisme, serta stabilitas politik di Jerman yang stabil. Memudahkan struktur politik Jerman mudah bekerjasama dengan semua pihak. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *