Categories
Rumah

Keramik Kw Alternatif Ubin Harga Miring

Meski kualitasnya tidak sebagus ubin keramik kualitas baik, ubin keramik KW bisa jadi pilihan untuk Anda yang ingin berkreasi dengan ubin keramik. Mendengar istilah KW pasti yang pertama terlintas adalah barang palsu atau tiruan dari aslinya. Tapi berbeda dengan istilah ubin keramik KW.

Baca juga : distributor genset 250 kva di Semarang

Biarpun disebut KW, ubin keramik ini bukanlah barang palsu, melainkan ubin keramik yang tidak lolos kontrol kualitas dari produsen. Ubin keramik ini bisa dibilang merupakan produk gagal akibat kesalahan dalam proses produksi di pabrik. Kerusakan pada keramik KW biasanya terjadi saat proses pembakaran dan berpengaruh pada hasil akhir keramik.

Soal kekuatan, antara ubin keramik berkualitas baik dan ubin keramik KW bisa dibilang sama saja. Karena kedua ubin keramik tersebut menggunakan material pembuat yang sama serta melewati proses pembuatan yang sama. Hanya saja, ketika pembakaran bisa jadi panas yang diterima beberapa ubin keramik tidak merata sehingga timbul cacat.

Kenali Bedanya

Untuk mengetahui keramik KW sebenarnya cukup mudah. Jusmery Chandra, Presiden Direktur PT Kemenangan Jaya, produsen keramik merek Centro mengatakan tampilan keramik KW menjadi ciri yang paling mudah terlihat. “Permukaan keramik KW akan terlihat berbeda dibanding yang berkualitas bagus atau non-KW,” kata Mery.

Pembeda lainnya yang bisa Anda kenali adalah dari segi harga. Keramik KW dijual dengan harga yang lebih “miring” dibanding ubin keramik bermutu. Ubin keramik KW bisa dijual lebih murah Rp1.000—Rp33.000 per dus. “Perbedaan harga itu tergantung dari ukuran dan motifnya,” ucap Mery. Kualitas ubin keramik KW juga jadi penentu harga penutup lantai ini.

Oleh sebab itu di pasaran dikenal 2 jenis ubin keramik KW, yaitu KW 2 dan KW 3 (KW 1 adalah produk yang paling bagus). Lalu apa perbedaan keduanya? Menurut Jimin Suman, General Manager Marketing PT Satya Langgeng Sentosa, produsen ubin keramik merek Roman, tingkat kualitas keramik menjadi pembeda antara ubin keramik KW 2 dan KW 3. “Setiap produsen sudah punya standar masingmasing mana keramik yang layak, mana yang masuk ke dalam kategori KW,” ungkap Jimin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *