Categories
Tekno

Aplikasi Andal untuk Penulis Profesional ala FIN888

Aplikasi Andal untuk Penulis Profesional ala FIN888 – Penggunaan aplikasi EndNote akan membantu penulis dalam membuat referensi atau rujukan. Dalam ulasan ini akan menjelaskan beberapa langkah dalam menggunakan aplikasi tersebut. Tidak semua hal yang ditulis dalam sebuah karya ilmi ah adalah hasil pemikiran atau pekerjaan penulis. Sudah menjadi rahasia umum bahwa menulis memerlukan rujukan. Menghasilkan karya tulis yang memi liki kekuatan keilmuan diperlukan rujukan-rujukan yang berbobot. Rujukan-rujukan tersebut memiliki bentuk yang beraneka ragam, dari jurnal, buku, kutipan Internet, hingga paten.

Metode penulisan setiap bentuk rujukan tersebut berbeda beda. Gaya rujukan pun sangat beragam, dari Harvard, Vancou ver, APA 6th dan sebagainya. Aturan-aturan tesebut harus diiku ti untuk menghasilkan karya tulis yang mengikuti kaidah keilmuan. Penulisan manual rujukan tersebut merupakan pilihan yang paling mudah, namun membutuhkan energi yang besar, dan ju ga waktu yang lama, belum lagi konsitensi dari rujukan yang dilakukan. Akan sangat membutuhkan kerja keras jika tiba-tiba gaya rujukan diubah. Sering kali yang terjadi adalah terjadinya salah rujuk, maupun tidak terujuk. Penggunaan bantuan pengatur rujukan sangat bermanfaat untuk menghindari hal-hal tersebut di atas. Perangkat lunak pengolah kata yang dimiliki Microsoft Word merupakan salah satu pengatur rujukan yang dapat digunakan.

Apabila pengguna merupakan penulis yang jarang berpindah komputer dan tidak membutuhkan fasilitas yang terlalu lengkap, dia dapat menggunakan pilihan ini. Penggunaan perangkat lunak yang dapat berdiri sendiri sekaligus tersemat di dalam perangkat lunak pengolah kata dapat menjadi pilihan. Beberapa pengatur rujukan yang banyak digunakan adalah EndNote, Mendeley, dan Zotero. Penggunaan rujukan secara berulang, kemudahan mendapatkan informasi rujukan dan berbagai fasilitas lainnya menjadikan pengguna memilih untuk menggunakan perangkat lunak ini. Menggunakan pengatur rujukan sangat memudahkan dalam melakukan pengelolaan daftar rujukan. Rujukan dapat disimpan dalam pusat informasi dari perangkat lunak tersebut. Kemudian dapat ditelusur informasi rujukan tersebut seperti nama penulis, judul, tahun, nama jurnal, abstrak, ISSN, maupun nomor DOI.

Sumber : https://net89.net/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *